Menyongsong Hari Kartini, Puluhan Emak-emak Gelar Berbagai Kegiatan Hingga Sambelan

60 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sosok RA Kartini tidak lepas dari perjuangan beliau terhadap kaum perempuan di masa penjajahan Indonesia.

Perjuangan beliau yang sangat berharga mengenang di hati semua masyarakat Indonesia, khususnya perempuan. Dan peringatan yang digelar setiap tanggal 21 April di seluruh Indonesia adalah peringatan yang ditujukan untuk menghargai perjuangan beliau.

Hal tersebut sangat menginspirasi bagi kaum perempuan Indonesia, ibu – ibu kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT 04 Besari, Siraman, Wonosari yang beranggotakan 48 orang ini sudah memperingati Hari Kartini, Jumat, (19/04/2019) pagi tadi.

Dalam peringatan tersebut di isi dengan Biografi RA Kartini, doa untuk RA Kartini, bernyanyi lagu Ibu Kita Kartini, dan ditutup dengan makan bersama atau yang biasa disebut sambelan.

Ketua kelompok PKK Neni Pambudi menuturkan bahwa diadakannya peringatan Hari Kartini waktu ini bertujuan untuk selalu mengingat perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak dan emansipasi perempuan.

“Meski dengan cara sederhana dan dilakukan berbarengan dengan acara pertemuan rutin kami sangat hikmah dalam melakukannya untuk mengenang jasa – jasa beliau dalam memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia,” ucap Neni kepada wartawan.

Sementara itu, salah satu anggota Nurhidayati menambahkan bahwa acara seperti ini selain sebagai menghargai jasa RA Kartini juga dapat mempererat silahturahmi antar warga.

“Sangat banyak manfaat acara seperti ini dilakukan di berbagai tempat untuk menjalin kekompakan dan silahturahmi antar warga apalagi belum lama kita semua melakukan pesta demokrasi pastinya pilihan kita berbeda – beda, nah acara ini dilakukan untuk menampung semua perbedaan tersebut agar tidak memperpecah belah perbedaan tersebut,” imbuhnya. (Surya)

Related Post