Meriahnya Gelar Budaya Songsong Bersih Desa Baleharjo

194 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemerintah Desa Baleharjo bekerjasama dengan Karangtaruna terus mengembangkan dan mendorong pengembangan pariwisata yang menjadikan masyarakat menjadi garda terdepan untuk berperan.

Salah satu kegiatan yang didukung perkembangan seni budaya yakni dengan kegiatan gelar budaya yang tertoreh dalam kemasan bersih desa di Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Minggu (23/6/2019) lalu.

Berbagai seni budaya ditampilkan, mulai dari karawitan, gejog lesung, reog, gedrug, dan berbagai seni budaya lainnya. Selain sebagai wujud nguri-uri atau melestarikan budaya juga sebagai daya tarik wisata nantinya jika dapat dikemas dengan baik.

Ketua Karangtaruna Desa Baleharjo, Anjar mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan sebuah dukungan menciptakan semangat masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata, maupun pelestarian budaya.

“Seni budaya sangat erat hubungannya dengan pariwisata. Jika dapat dikemas dipersiapkan dengan maksimal tentunya adat tradisi, seni budaya akan menjadi daya tarik wisata nantinya,” ucap Anjar disela acara.

Kepala Desa Baleharjo, Agus Setiawan, mengatakan kegiatan gelar budaya salah satu rangkaian kegiatan dalam rangkaian memeriahkan bersih desa Desa Baleharjo.

“Kegiatan bersih desa ini mencerminkan bahwa warisan kebudayaan leluhur harus terus kita lestarikan”, pungkasnya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Agus menuturkan kegiatan bersih desa ini selain mengelar kirab budaya, juga digelar berbagai perlombaan seperti jalan santai, senam, dll.

“Kegiatan kenduri akan digelar pada Senin (24/6) besuk dan puncak acara akan digelar pementasan wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho”, ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtono mengatakan, pengenalan pariwisata dengan pagelaran budaya sangat menarik bagi masyarakat.

Dia berharap kedepan potensi budaya desa dapat semakin dikenal masyarakat, dan warga dapat mengelola dengan baik. Sehingga nantinya berdampak juga pada memajukan kebudayaan di Gunungkidul.

“Dengan adanya berbagai kegiatan seni budaya yang digelar, kami juga dapat menginformasikan mengenalkan pariwisata yang kami miliki. Dan inilah wujud kekayaan budaya yang mampu ditunjukkan secara langsung diruang publik terbuka. Kami harap gelar budaya potensi desa terus dilestarikan,” tutup Agus. (Falentina)

Related Post