Minat Baca Rendah, Kiprah Perpustakaan Desa Harus Didorong

286 views

Gunungkidulpost.com – Pemerintan Kabupaten Gunungkidul mengharapkan program perpustakaan desa mampu menjadi pusat kegiatan masyarakat berbasis sosial dan menyenangkan.

Sekretaris Daerah (Sekda), Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan perpustakaan desa muncul atas dasar kebutuhan akan informasi untuk peningkatan mutu.

Oleh sebab itu, perpustakaan desa harus dikelola dengan manajemen yang memadai.

“Perpustakaan sangat berkaitan dengan masyarakat, perpustakaan desa sebagai lembaga penyedia informasi,” katanya saat menghadiri kegiatan Forum Komunikasi Perpustakaan Desa Se Gunungkidul, di Bangsal Sewokoprojo, Rabu (4/4/2018).

Sementara itu, Kepala Desa Sambirejo, Ngawen, Yuliasih Dwi Martini mengatakan saat ini desa yang belum memaksimalkan perpustakaan dikarenakan SDM yang kurang.

“SDM harus ada yang menggerakan peran dari pemuda harus dimaksimalkan dengan memberi semangat, memberi ruang fasilitasi kegiatan,” ucapnya.

Menurut Yuliasih, mencontohkan perpustakaan desa yang cukup baik, apabila konten buku yang disajikan harus dapat menjadi penunjang pemberdayaan masyarakat. Selain itu desa harus mampu menganggarkan pengembangan perpustakaan atau pemberdayaan masyarakat.

“Harapan kami kedepan, Pemdes harus lebih mampu memberdayakan masyarakat untuk menyukseskan program perpustakaan desa,” tutupnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post