Minat Warga Gunungkidul Jadi TKI Meningkat

190 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bedasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gunungkidul, sejak Januari hingga akhir Juli 2018 lalu terdapat 88 warga Gunungkidul yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Jumlah tersebut meningkat dibanding 2017 yang berjumlah 79 warga.

“Minat warga Gunungkidul menjadi TKI setiap tahun terus meningkat. Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati, khususnya dalam memilih penyalur TKI,” kata Kepala Bidang Tenaga Kerja, Disnakertrans Gunungkidul, Munawar, Minggu, (16/9/2018) kemarin.

Munawar menjelaskan, kenaikan jumlah TKI dari Gununungkidul menjadi dua mata pisau. Di satu sisi bisa menyejahterakan masyarakat, tapi di sisi lain rawan timbulkan risiko, dengan catatan yang bersangkutan tidak selektif memilih penyalur.

“Perlu ada kehati-hatian bagi para calon maupun TKI. Ini bukan tanpa sebab, pasalnya hingga hari ini masih ditemui adanya peristiwa yang merugikan para TKI, mulai dari penelantaran hingga menjadi korban perdagangan manusia,” terangnya.

Iming-iming gaji tinggi sering digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggaet calon TKI. Ini diperparah dengan karakteristik masyarakat yang belum dapat memilah hal-hal yang sekiranya disodorkan oleh oknum tersebut.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas gencar melakukan penyuluhan ke masyarakat agar lebih selektif memilih penyalur.

Selain itu upaya lain yang dilakukan adalah dengan intens memantau dengan cara berkomunikasi dengan TKI khususnya dari Gunungkidul untuk memastikan kemananan mereka. (Santi)

Related Post