Minta Keselamatan Dan Hasil Ikan Melimpah, Ratusan Nelayan Baron Gelar Sedekah Laut

50 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Dalam rangka memohon keselamatan dan rejeki melimpah, ratusan nelayan Pantai Baron Desa Kemadang, Tanjungsari, menggelar upacara tradisi sedekah laut, Senin (8/10/2018) siang.

Ketua Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan upacara sedekah laut ini bertujuan supaya nelayan selalu diberi keselamatan saat beraktivitas di laut. Selain itu doa agar dilimpahkan rejeki juga terpanjat.

“Intinya kami berdoa kepada Tuhan, tapi medianya upacara ini,” jelasnya saat ditemui wartawan.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Kemadang, Ngatno, 59, mengatakan kegiatan ini telah berlangsung secara turun temurun.

Adapun tujuan dari upcara ini sebagai tanda terimakasih atas limpahan rejeki dan keselamatan yang diberikan Tuhan kepada para nelayan.

Selain itu lanjut Ngatno, kegiatan ini juga sebagai sarana meminta doa agar warga khususnya nelayan di Pantai Baron selalu diberi keselamatan dan hasil tangkapan ikan melimpah.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana supaya selalu diberikan keselamatan,” ujar dia.

Adapun dalam acara yang berlangsung sejak tengah hari tersebut, panitia menyediakan tujuh gunungan yang berisi beraneke macam hasil bumi dan laut. Gunungan tersebut diarak oleh ratusan nelayan yang mengenakan pakaian adat. Di dalam gunungan, selain hasil bumi, juga ada kepala kerbau yang memiliki filosofi kebodohan yang harus dibuang.

“Kerbau itu simbol kebodohan. Selain kerbau sebenarnya bisa juga kepala kambing atau ayam. Secara maknawi yang dilarung itu pikiran bodohnya, dan kepala itu sebagai simbolnya,” jelas Ngatno.

Dalam proses pelarungan sendiri melibatkan 13 kapal nelayan. Kapal tersebut telah menunggu di pinggir pantai untuk kemudian menjadi tempat gunungan. Setelah itu kapal menuju tengah laut, dan gunungan lantas dilarung. (G1)

Related Post