Miris !!! 3 Ribu Anak Terlantar Tak Tersentuh Bantuan Sosial

563 views
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ribuan anak terlantar di Kabupaten Gunungkidul belum tersentuh bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Dari data Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Gunungkidul, sedikitnya terdapat 3.000 anak terlantar di Kabupaten Gunungkidul yang belum tersentuh bantuan sosial. Hal tersebut perlunya ada perhatian khusus oleh pemerintah daerah untuk mengentaskan permasalahan ini.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Gunungkidul, Dwi Warna, mengakui, hingga kini jumlah anak terlantar masih ada ribuan orang. “Ini perlu menjadi perhatian khusus pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk mengentaskan anak-anak ini,” katanya kepada Gunungkidulpost.com Kamis (13/10/2016).

Menurut Dwi, penanganan anak terlantar tak bisa dikerjakan sendiri oleh Pemkab Gunungkidul, namun memerlukan mitra, lembaga basis untuk anak usia balita, TAS (Taman Anak Sejahtera).
Pihaknya telah melakukan pendataan terhadap anak-anak terlantar di setiap kecamatan.

“Ada 26 TAS yang terbentuk di DIY, 16 diantaranya masuk ke dalam wilayah Gunungkidul. Kami berharap, dapat semakin banyak terbentuk, sehingga penanganan anak terlantar akan lebih mudah,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Botodayakan, Rongkop, Wasijo mengatakan, pihaknya telah melakukan survey secara langsung ke masyarakat. Selain itu pihaknya juga sudah melaporkan adanya warga yang yang terlantar akibar efek permasalahan keluarganya. Namun kurangnya sosialisasi di tingkat desa membuat halangan tersendiri untuk mengetaskan anak terlantar.

“Selama ini pihaknya masih menunggu adanya kabar dari pemerintah untuk pengusulan warga terlantar,” paparnya. (Bayu)

anakterlantardigunungkidul

Related Post