Momen Libur Akhir Tahun, Pemkab Targetkan 344 Ribu Wisatawan

158 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama masa libur Natal dan Tahun Baru, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan 344 ribu wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Gunungkidul.

Namun tak seperti tahun yang lalu, momentum liburan kali ini wisatawan tidak akan disuguhi oleh hiduran disejumlah titik obyek wisata. Hal itu lantaran dampak tidak disetujuinya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 oleh Gubernur DIY.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Hary Sukomono mengatakan pihaknya mentargetkan sebanyak 344 ribu wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Untuk libur natal dan tahun baru kita targetnya 344 ribu wisatawan. Penghitungan tanggal 22 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019,”kata Hary Sukomono, Rabu (13/12/2018).

Dijelaskannya sampai saat ini total ada sekitar 2,7 juta wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul selama tahun 2018. Jauh dibawah target yang ditetapkan yakni 3,5 juta orang selama tahun 2018. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pariwisata sampai dengan saat ini masih belum mencapai target. Dari target Rp 28,2 Miliar per tanggal 7 Desember 2018 baru mencapai Rp 22,1 Miliar

“Target ini karena dampak cuaca ekstrem awal tahun dan pertengahan tahun lalu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Asti Wijayanti mengatakan, tidak adanya anggaran Perubahan turut berpengaruh dalam upaya mempromosikan wisata akhir tahun.

“Karena anggaran dalam Perbup tidak disetujui Gubernur. Sehingga berdampak dengan tidak adanya hiburan,” ujarnya.

Dia berharap selama libur akhir tahun ini bisa berjalan dengan aman dan lancar sehingga bisa menarik wisatawan berkunjung untuk menikmati libur akhir tahun. (G1)

Related Post