Mulai Sekarang Pengunjung Goa Pindul Dibatasi

217 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Guna melindungi ekosistem yang ada di komplek wisata Goa Pindul, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Tiap hari kapasitas pengunjung yang hadir didalam destinasi wisata susur goa sebanyak 2.900 orang. Hal itu diberlakukan mulai 2018 ini.

Sekretaris Daerah Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 2.900 orang per hari sudah diberlakukan.

Menurut dia, dasar pembatasan tersebut mengacu pada dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) yang dilakukan pengkajian sejak 2016 lalu.

“Tidak boleh lebih dari 2.900 pengunjung karena itu bisa menganggu ekosistem,” kata Hary kepada wartawan, Senin (12/2/2018).

Menurut dia, adanya pembatasan tersebut harus dipatuhi. Ini lantaran untuk menjaga kondisi lingkungan gua tetap lestari.

“Tujuan pembatasan juga sebagai upaya konservasi di lingkungan Pindul,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Bejiharjo, Saryanto mengatakan, dalam pengelolaan objek wisata Gua Pindul, pihaknya akan berpegang pada ketetapan dari pemkab.

Meski sudah ada pembatasan sebanyak 2.900 pengunjung per hari, namun ia mengakui hingga saat ini tingkat kunjungan belum mencapai pada jumlah maksimal.

“Kami siap menjalankan tugas dan aturan yang sudah ditetapkan dan semuanya akan kami patuhi,” ucapnya. (Heri)

Related Post