Murid SD Mulai Mendapatkan Imunisasi MR

61 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, pemuka agama, hingga Kantor Urusan Agama (KUA) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul lakukan pendekatan lintas sektoral untuk mensosialisasikan imunisasi Maesles Rubella (MR).

Hal tersebut diungkapkan oleh sekretaris Dinkes Kabupaten Gunungkidul Priyanta Madya saat dihubungi wartawan, Jumat (3/8/2018) kemarin.

“Ada sebagian kecil masyarakat yang masih enggan untuk melakukan imunisasi MR kepada anaknya karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran kepercayaan mereka, keseluruhan imunisasi sukses,” katanya Priyanta Madya.

Priyanta mengatakan bulan Agustus ini merupakan bulan imunisasi nasional, selama waktu satu bulan akan melakukan imunisasi MR.

“Imunisasi kali ini untuk anak-anak kelas 1 Sekolah Dasar (SD), selain itu juga imunisasi bagi anak kelas 6 SD yaitu imunisasi HPV untuk mencegah kanker rahim,” jelasnya.

Menurut dia, untuk target sasaran dari imunisasi MR berjumlah 761.611 siswa sedangkan untuk imunisasi HPV berjumlah 4.717 anak.

“Sempat ada vaksin/imunisasi palsu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan imunisasi masyarakat ke puskesmas karena vaksin langsung didapatkan dari kemenkes,” paparnya.

Sementara itu orangtua yang telah mengimunisasikan anaknya Suciwati warga Wonosari mengaku tidak kawatir dengan imunisasi yang sudah dilakukan.

“Imunisasi ini untuk pencegahan penyakit, setelah imunisasi anak juga biasa saja,” pungkas dia. (G1)

Related Post