Murid Sekolah Wajib Nanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Hari

633 views




Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berdasarkan Permendikbud Nomor 21 tahun 2015 tentang penguatan pendidikan karakter, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul menghimbau kepada semua sekolah untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pelajaran. 
Sekertaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, anjuran untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya setia hari tersebut sudah diatur dalam surat edaran kementerian pendidikan melalui Disdikpora. Sehingga masing-masing sekolah dihimbau untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

“Ini wajib dilakukan dan dinyanyikan setiap hari sebelum memulai pelajaran,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (15/9/2016).
Menurut Bahron, selain itu pada akhir pelajaran juga harus menyanyikan lagu-lagu daerah ataupun lagu patrotik. Hal itu perlu dilakukan untuk melestarikan keberadaan lagu daerah yang banyak dilupakan oleh anak-anak.

“Guru haru bisa mengarahkan jalannya kegiatan menyanyi ini, sehingga menumbuhkan budi pekerti yan dilakukan lewat guru,” tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya ini wajib dilakukan oleh seluruh sekolah mulai dari Paud hingga ke tingkat SMA/SMK. Sebab Lagu Indonesia Raya ini penting dilakukan untuk pendidikan karateristik nasionalis mereka.

“Jika ada sekolah yang tidak mau menyanyikan lagu Indonesia Raya, segera akan kami lakukan tindakan,” tandasnya. (Bayu)

Related Post