Musim Hujan Tiba, Haruskah Matikan Ponsel Saat Ada Petir?

615 views




Gunungkidulpost.com – Berdasarkan laporan dari Badan Nasional Kelautan dan Adminsitrasi Atmosfer Amerika Serikat ( NOAA) mengatakan bahwa penggunaan ponsel saat hujan petir tidak akan membahayakan penggunanya.

Sebagaimana dilansir AMTA, Selasa (27/9/2016), perangkat ponsel tidak memiliki karakterisitik yang bisa memancing sambaran kilat. Menurutnya petir hanya akan menyambar kepada benda berbahan metal dan kandungan metal dalam perangkat ponsel tidak akan berpengaruh terhadap sambaran petir.

“Ponsel dan benda berbahan metal kecil seperti perhiasan tidak akan menarik petir. Ia hanya akan menyambar pada benda yang lebih tinggi,” ujar John Jensenius, pakar dari Pelayanan Cuaca Nasional di NOAA. “Orang-orang yang terkena sambaran petir hanya berada di tempat yang salah, dan pada waktu yang kurang tepat,” imbuhnya.

Adanya kabar mengenai bahaya menggunakan ponsel saat hujan petir telah lama tersebar di masyarakat dan juga dunia maya. Menanggapi soal adanya orang yang menjadi korban sambaran petir ialah karena kesalahan dari penggunanya yang tidak memperhatikan cuaca dan sekitarnya.

“Tidak ada petir yang membahayakan penggunaan ponsel. Meksipun banyak laporan yang diakibatkan oleh sambaran petir saat menggunakan ponsel, namun itu karena kesalahan pengguna yang tidak memperhatikan kondisi cuaca dan tidak ada hubungan sama sekali dengan ponsel,” ungkap Dr Mary Ann Cooper yang meneliti korban sambaran petir.

Sementara itu lembaga standar perlindungan petir Australia sendiri menyarankan bahwa ponsel sebaiknya tidak dimatikan pada saat hujan badai. Hal itu karena untuk memudahkan pengguna dalam menghubungi nomor darurat di saat seseorang terjebak ataupun tersambar petir.

Sumber : http://m.okezone.com/read/2016/09/27/207/1500131/musim-hujan-tiba-haruskah-matikan-ponsel-saat-ada-petir

Related Post