Musim Tanam Dimulai, Petani Berharap Stok Benih Ditambah

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mulai meningkatnya pasokan air dan curah hujan, membuat para petani di Kabupaten Gunungkidul ramai-ramai melakukan percepatan musim tanam rendeng.

Namun, kondisi itu membuat mereka kesulitan memperoleh benih jagung dan padi.

“Benih jagung dan padi saat ini masih kurang. Terutama, untuk benih padi berlabel,” ujar salah seorang warga Ponjong Saradi.

Dikatakan Suradi, percepatan tanam rendeng yang terjadi saat ini membuat para petani membutuhkan benih padi dalam jumlah banyak secara bersamaan. Namun, benih jagung dan padi yang dihasilkan BUMN, saat ini justru sedang berkurang.

Padahal, keberadaan benih berlabel sangat mempengaruhi produksi padi. Jika benih padi yang ditanam memiliki kualitas tak terjamin, maka produksi padi pun akan berkurang.

“Mungkin barangnya sedikit karena banyak yang membeli dan membutuhkan, kalau tadi pagi dipasaran barang sudah habis dan katanya harus menunggu besok entah kapan,” paparnya.

Hal yang sama dialami oleh salah seorang petani asal Paliyan, Agus pihaknya mengaku mencari benih jagung hingga ke beberapa tempat.

“Biasanya satu tempat ada namun saat ini banyak yang kosong saya ke tiga toko baru dapat benih jagung,” paparnya.

Agus berharap, dengan bersamanya musim tanam ini stok pasokan benih mulai ditambah. Sehingga petani tidak dipusingkan dengan mencari benih dipasaran.

“Kami harap pasokan benih ditambah ini kan musimnya serentak menanam sehingga jangan sampai kesepan ada petani yang tidak mendapatkan benih,” pungkas Agus. (Bayu)

Related Post