Nelayan Gunungkidul Kekurangan Alat Penangkap Ikan

253 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Agar tidak terjadi kesalahan saat memberikan bantuan alat kepada para nelayan di pantai selatan Gunungkidul, awal tahun 2019 Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Gunungkidul melakukan pendataan alat penangkap ikan sesuai kebutuhan para nelayan.

Kepala Dinas DKP kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian, menyampaikan bantuan diberikan untuk nelayan sesuai kebutuhan masing-masing.

“Dengan adanya pendataan semacam ini, harapannya tidak terjadi kesalahan,misalnya nelayan butuh alat tangkap jenis A, ya akan diberi alat jenis A,” katanya Minggu, (26/1/2019).

Berdasarkan data dari DKP ditahun 2018, tangkapan ikan para nelayan Gunungkidul masih dibawah target, yaitu hanya sebesar 3.700 ton, dari 4.900 ton yang sudah ditargetkan.

Krisna mengatakan, besar kecilnya hasil tangkapan ikan para nelayan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, tingginya ombak pantai selatan Gunungkidul, cuaca tidak menentu, ditambah lagi terjadi bencana diluar Gunungkidul yang sedikit banyak mempengaruhi faktor psikologis para nelayan.

Sementara itu, ketua kelompok nelayan Pantai Baron Sumardi, mengatakan, pihaknya saat ini kekurangan alat tangkap ikan lantaran para nelayan tidak semua bisa membeli alat tangkap ikan, karena harganya yang dinilai mahal.

Saat ini, kebanyakan para nelayan masih kekurangan jala, karena jala yang mereka miliki sudah banyak yang rusak.

“Untuk membeli jala lagi dengan kualitas yang bagus, harganya bisa mencapai 200-300 ribu rupiah,” kata Sumardi.

Sumardi mengungkapkan, untuk bulan ini karena angin kencang sehingga tidak semua nelayan melaut. Hasil tangkapan rata-rata 50 kg per kapal. (Santi)

Related Post