Nelayan Sadeng Rugi Ratusan Juta

613 views

Nelayan Pantai Sadeng. (Foto: Doc)

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Puluhan Nelayan di Pelabuhan Sadeng, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, memilih untuk berhenti melaut. Pasalnya sejak seminggu terakhir angin pantai selatan tak bersahabat. 

Ketua Kelompok Nelayan Sadeng Sarpan mengatakan, sudah sejak seminggu terakhir para nelayan memilih memakirkan kapalnya di kawasan pelabuhan sadeng. Hal itu lantaran angin kencang melanda kawasan pantai selatan. “Angin kencang membuat kami berhenti melaut,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (7/2/2017).

Dikatakannya, para nelayan biasa mencari ikan lebih dari 10 mill dan melakukan pencarian berbagai jenis ikan, mulai cakalang hingga tuna. Sekali melaut biasanya untuk kapal ukuran besar mendapatkan 5 ton ikan, dengan berbagai jenis dan kwalitas. Jika kwalitas baik, akan dikirim ke luar negeri melalui pengepul. “Sementara tidak melaut, sebagian memperbaiki kapal,”katanya

Hal senada juga dialami nelayan lain, Ari mengatakan beberapa nelayan yang nekat melaut malah mengalami kerugian. Sebab, dengan menggunakan kapal lebih dari 10 GT para nelayan harus mengeluarkan biaya besar. Pemeilik kapal minimal harus mengeluarkan puluhan juta untuk sekali melaut untuk kapal 30 GT. 

“Kemarin dua kapal itu melaut dua hari hasilnya minim dihitung ruginya ada sekitar Rp 150 juta,” ucapnya. Atas kejadian tersebut, akhirnya nelayan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. (Bayu)

Related Post