Ngeri !!! Bukit Ambrol Rusak Talud dan Timbun Rumah !!!

512 views
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Hujan yang melanda wilayah Gunungkidul dalam sepekan membuat sebuah bukit di dusun Mongkrong, Sampang Gedangsari ambrol. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun bukit berukuran dua meter itu merusak talud dan menimbun bangunan rumah.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Kusmiyanto mengatakan, kejadian tersebut terjadi sejak minggu lalu, ketika di kecamatan Gedangsari sedang dilanda hujan deras. Derasnya hujan tersebut membuat bukit tergerus dan terjadi longsor.

“Longsoran material berupa tanah sempat menimbun salah satu rumah milik warga dan talud  ambrol akibat gerusan air hujan,”

Kusmiyanto menjelaskan, akibat peristiwa tersebut pihak BPBD dibantu denga masyarakat langsung melakukan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan material longsor tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan para perangkat desa untuk melakukan antisipasi terhadap meluasnya kerusakan talut,” terangnya.

Menurut Kusmiyanto, pihak BPBD sendiri, sudah melakukan upaya, dengan membuat saluran. Sehingga jika suatu saat hujan turun, air tidak melewati talut yang ambrol tersebut.

“Kami berharap agar warga tetap waspada terhadap ancaman longsor karena wilayah Gedangsari termasuk rawan bencana di Gunungkidul,” pungkasnya. (Nena)

longsorgunungkidul

Related Post