Ngeri, Dari Tahun ke Tahun Bencana Tanah Longsor Terus Meningkat!!!

499 views

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Terhitung hingga bulan Desember tahun ini, di kecamatan Gedangsari yang merupakan salah wilayah yang rawan bencana longsor total mencapai puluhan kejadian. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya.

Camat Gedangsari Setyawan Indriyanto mengatakan, jika wilayah Gedangsari ini merupakan 6 kecamatan yang masuk dalam zona rawan bencana. Tercatat dari bulan Januari hingga Desember tahun ini ada 30 kejadian bencana longsor. Berbeda dibandung 2015 hanya mencapai 26 peristiwa.

“Pada tahun ini memang ada peningkatan dibanding tahun lalu. Kemungkinan penyebabnya karena dampak cuaca ekstrim ini,” katanya, Minggu (11/12/2016).

Setiawan menjelaskan, adanya kenaikan bencana longsor, terjadi mulai dari bulan Oktober hingga Desember ini. Tanah longsor tersebut melanda Desa Hargomulyo dan Watugajah. Sebab wilayahnya berupa tebing dan banyak bukit.

“Di wilayah itu memang rawan terjadi bencana longsor. Kebanyakan karena kondisi tebing dan bukit itu dekat dengan rumah warga yang berada diatas maupun dibawah,” ujarnya.

Menurut Setiawan, dari 30 kejadian tersebut, diantaranya menyebabkan kerusakan dalam skala besar seperti longsor menimpa rumah milik warga dan jalan penghubung. Adanya kejadian itu kemudian dilaporkan untuk ditindak lanjut.

“Laporannya hanya yang skala besar saja. Sedangkan yang skala kecil sudah diantisipasi oleh masyarakat setempat,” pungkasnya. (Nena).

Related Post