Ngeri…Kondisi Tanah Amblas Semakin Meluas

234 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Tanah ambles kembali meresahkan warga, peristiwa ini terjadi di Padukuhan Pringluwang, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong.

Akibatnya puluhan meter lahan milik petani setempat tidak dapat ditanami lagi.

Salah seorang petani, di Desa Bedoyo, Suyatmi mengatakan tanah amblas tersebut sudah terjadi sekitar dua bulan lalu dan semakin parah saat hujan lebat datang.

“Amblesnya tanah ini sudah dari November akhir tahun lalu, namun luasnya hanya sekitar lima meter, dalamnya hanya dua meter. Saat ini luasnya sudah sampai 10 meter,” katanya kepada wartawan, Selasa, (6/2/2018).

Akibat amblas tersebut pertanian kacangnya, tidak terselamatkan. Dan hingga saat ini tanah sekitar 10 meter tersebut tidak dapat ditanami lagi.

Suyatmi juga khawatir karena saat ini masih memasuki musim penghujan, amblasan tanah di lahan persawahannya semakin melebar. Dia berharap agar pemerintah segera menangani permasalahan itu, karena dia mengatakan dulu pernah terjadi juga tanah amblas itu.

Terpisah, Sekretaris Desa Bedoyo, Supanto mengatakan penyebab amblesnya tanah tersebut karena pengaruh hujan yang berkepanjangan dan hampir setiap tahun terjadi meskipun tidak begitu besar dampaknya.

“Sudah dikomunikasikan dengan pihak kepolisian, untuk ke BPBD belum, karena dinilai belum begitu fatal,” tutupnya. (Bayu)

Related Post