Operasi Keselamatan Progo 2018 Digelar, Ternyata Ini Tujuannya

331 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka kecelakaan lalu lintas secara nasional masih cukup tinggi, berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, di tahun 2017 saja, ada 98.419 kejadian kecelakaan lalu lintas yang tercatat, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 24.213, luka berat 16.159 orang, dan luka ringan sebanyak 115.566 orang, dengan jumlah kerugian mencapai Rp 212.930.883.

Hal ini disampaikan Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Progo 2018, di Mapolres Gunungkidul, Kamis, (1/3/2018).

Mengcu kasus kecelakaan yang terjadi tersebut, Polri secara serentak menggelar Operasi Keselamatan tahun 2018, tak terkecuali Polres Gunungkidul. Operasi akan di gelar selama 21 hari kedepan. Oprasi kali ini akan mengutamakan tindakan preventif dan preemtif kira-kira 80 %, sedangkan represif 20 %, itupun pelanggaran yang kasat mata. Namun jika terdapat pelanggaran berat Polisi tidak akan segan untuk memberikan tindakan tegas.

“Lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian negara, sebab itu perlu dipelihara keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” tegas Kapolres.

Ops Keselamatan Prog 2018 ini merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan pelanggaran lalu lintas, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas.

“Polres Gunungkidul secara rutin akan menggelar razia rutin, maupun yang bersifat insidentil, dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat akan lebih disiplin dalam berlalu lintas,” tuturnya.

Fuady menegaskan, Polisi akan menindak secara tegas pelanggaran yang berpotensi terjadinya kecelakaan, terutama pelanggaran yang dapat memicu terjadinya kecelakaan fatal. (Santi)

Related Post