Padukuhan Didorong Gunakan Danais

31 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk menunjang pembangunan di tingkat Padukuhan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mendorong padukuhan untuk bisa mengakses dana keistimewaan (danais) DIY.

“Usulan danais tidak langsung ke tingkat satu tetapi bisa melewati dinas terkait, semua dari kabupaten usulan dari kabupaten meliputi usulan desa tidak menjadi masalah,” kata Sultan, Kamis (28/6/2018) lalu.

Selanjutnya Sultan menjelaskan terkait pembangunan berbasis wisata, infrastruktur harus terpenuhi.

Menurut dia, danais jangan hanya untuk membiayai kegiatan yang sifatnya sesaat saja. Namun lebih penting untuk membangun kegiatan yang ada bukti fisiknya.

“Tinggal bagaimana Kabupaten Gunungkidul mendesainnya, jangan sampai padukuhan hanya menunggu,” terangnya.

Selanjutnya Sultan mengatakan desa menjadi tumpuan untuk mengembangkan potensi, yang terpenting APBD dan APBN yang ada dikelurahan maupun dana Istimewa tidak dobel dalam pembiayaan.

“Jangan beranggapan dana istimewa hanya ditinggat satu, kan masyarakatnya ada di kabupaten kota. Jadi pemberdayaan itu letaknya dikelurahan. Semoga dengan kondisi seperti ini kita bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul,” paparnya. (Bayu)

Related Post