Pagi Ini Tim Evakuasi Markas Tawon Gung

257 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran telah berhasil menemukan sarang lebah madu raksasa atau lebih sering disebut tawon gung oleh masyarakat sekitar.

Sarang tersebut ditemukan di celah-celah batu besar di antara tebing, dan mengejutkan tim evakuasi karena besarnya ukuran sarang.

Hal tersebut dikemukakan oleh Bagian pemasaran Gunung Api Purba Nglanggeran, Heru Purwanto, Kamis (22/11/2018).

“Untuk menemukannya kami meminta bantuan pawang,” katanya.

Setelah menemukan sarang petugas berusaha meruntuhkan sarang dengan cara mengait sarang dengan bambu karena jika dijangkaunsecara langsung petugas mengalami kesulitan.

Ia mengatakan pada pagi ini sudah melakukan koordinasi dengan pemadam kebakaran (damkar) untuk melakukan evakuasi pada esok pagi. Hingga saat ini pihaknya masih belum berani membuka jalur pendakian.
Sebelum sarang benar-benar ditemukan jalur dipastikan akan ditutup.

“Sudah melakukan koordinasi dan kami juga meminjam peralatan di Kantor Pemadam Kebakaran Gunungkidul. Sebab disana peralatan untuk keamanan lebih memadai,” terang dia.

Sementara itu Kepala UPT Damkarkabupaten Gunungkidul, Diyono mengaku sudah mendapatkan laporan dari pihak pengelola gunung api purba ngelanggeran dan berencana pada besok pagi melakukan evakuasi sarang tawon tersebut.

“Jumat pagi jam 08.00 kami lakukan evakuasi, untuk personil kemungkinan akan diterjunkan sekitar 5 orang,” jelasnya. (Santi)

Related Post