Pak Mentri Resmikan Proyek Pengolahan Air Minum

327 views

Gunungkidulpost.com – Panggang – Instalasi Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM), dan Instalasi Sistem Pompa Air Tenaga Surya (SPATS) di dusun Temuireng, Girisuko, Panggang, diresmikan, Kamis (1/2/2018).

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, dan Bupati Gunungkidul Badingah.

Mentri Kemenristekdikti, Mohamad Nasir mengatakan pembangunan tersebut untuk membantu mecarikan solusi tentang sulitnya air di kalangan masyarakat.

“Bapak Gubernur DIY 1,5 tahun lalu menyampaikan masalah ini dan akhirnya saat ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dapat menyelesaikan,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Nasir juga mengharapkan Kementrian Desa (Kemendes) bisa membuat Bumdes untuk perawatan tersebut.

“Pemanfaatan proyek ini juga mendorong sektor lain seperti pertanian, peternakan, perikanan sehingga taraf hidup masyarakat semakin meningkat,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X mengucapkan terimakasih kepada Kemenristekdikti untuk mengurangi permasalahan khusunya masalah air bersih. Dengan bantuan itu, dirinya berharap dapat dioptimalkan dan dirawat sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik sampai anak cucu.

“Ketersediaan air masih terbatas di daerah ini, jadi sangat membantu sekali SPAM dan SPATS disini,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post