Pantai Sadeng Kebanjiran Ikan Layur

703 views

​​

Panen ikan layur (Foto : Bayu)


Gunungkidulpost.com – Girisubo – Nelayan di Pantai Sadeng sudah sepekan ini panen ikan layur yang laku dijual sebagai komoditas ekspor dengan harga Rp 40 ribu per kilogram. 

Salah satu nelayan di Pantai Sadeng, Agrib Madi mengatakan, panen ikan layur tersebut berlangsung sejak sepakan lalu. Menurutnya harga layur di pasaran cukup memuaskan bagi para nalayan. Pasalnya harga komoditas ini mampu tembus Rp 40 ribu per kilogram. 

“Sudah sejak lima hari yang lalu, kami banyak menangkap ikan jenis layur,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (26/10/2016).

Dia menuturkan, hasil tangkapan ikan sekali perjalanan melaut mencapai rata-rata 1,5 – 3 ton ikan. Hal tersebut justru membuat para nelayan minat untuk melaut.

“Dengan adanya panen ikan ini nelayan pun ikut semangat pergi melaut,” ucapnya.

Semantara itu, salah satu petugas penyuluh lapangan, Mahendra Bayu Adjie mengatakan, hasil tangkapan ikan belakangan ini memang meningkat dibanding dengan hari biasa. Para nelayan pun hingga kini mulai meningkatkan aktifitasnya untuk melaut. 

“Dengan harga jual ikan yang relatif membanggakan tersebat mampu meningkatkan semangat nelayan untuk terus pergi melaut,” bebernya.

Mahendra menambahkan, selain ikan layur, tangkan jenis lainnya seperti Ikan cakalang masih menjadi primadona penjualan ikan nomer 1 di Pantai Sadeng.

“Ikan jenis cakalang ini juga banyak ditangkap oleh nelayan. Selain itu ikan cakalang menjadi ikan terfavorit untuk dijual dan banyak diminati warga,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post