Pasar Ngingrong Disulap Jadi Destinasi Wisata Digital

584 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasar Ngingrong yang berlokasi di Kompleks Gua Ngingrong, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari ditetapkan menjadi destinasi wisata digital.

Peresmian telah dilaksanakan Sabtu (8/9) kemarin. Kerjasama program ini dengan Kementrian Pariwisata melalui Generasi Pesona Indonesia (GenPi), Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Purnomo Sumardamto mengatakan dipilihnya Pasar Ngingrong sebagai destinasi digital lantaran lokasinya berada di komolek Gua Ngingrong dan termasuk dalam geosite kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu.

“Langkah ini dilakukan untuk menggaet wisatawan milenial yang gemar berfoto, karena tempat tersebut terdapat pemandangan indah nan eksostis yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto,” terangnya, Minggu, (9/9/2018).

Akses menuju lokasi tempat tersebut sangat mudah. Pasar Ngingrong masuk di jalur wisata.

Purnomo menambahkan, program destinasi wisata digital merupakan imbauan dari Kementrian Pariwisata. Tujuannya untuk meningkatkan promosi melalui media sosial. Sehingga konsep kuliner dan spot foto seperti yang tersaji di Pasar Ngingrong menjadi senjata utama.

“Selain Pasar Ngingrong, destinasi digital juga akan dikembangkan di kawasan GAP Nglanggeran dan Telaga Jonge,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator GenPI Jogja Nunung Elizabeth melalui rilisnya menyatakan bahwa Pasar Ngingrong merupakan destinasi digital pertama di DIY yang mengkolaborasikan jemparingan.

Dipilihnya Jemparingan menjadi salah satu atraksi, bukan tanpa sebab. Ini lantaran Ngingrong akan dikembangkan menjadi destinasi yang mengutamakan adventure experience.

“Nantinya, akan ada wisata susur goa serta flying fox.Tentunya dengan adanya atraksi Jemparingan diharapkan akan semakin menyasar lebih banyak wisatawan,” ucapnya. (Santi)

Related Post