Pasar Tradisional Diharapkan Buka Tiap Hari

28 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya agar pasar tradisional bisa buka setiap hari.

Selain untuk meningkatkan perekonomian harapannya pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern yang saat ini mulai bermunculan di hampir seluruh kawasan.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Ari Setiawan mengatakan, ada 38 lokasi pasar yang tersebar hampir di semua kecamatan di Gunungkidul kecuali kecamatan Patuk.

“Saat ini kami terus menunventarisir pasar tersebut untuk menentukan langkah kedepan terkait perkembangannya,” katanya, Senin, (10/9/2018).

Pemerintah juga telah menganggarkan 51,39 miliar untuk merevitalisasi sejumlah pasar, adapun diantarantanya adalah Pasar Playen di Desa Ngawu, Kecamatan Playen; Pasar Mentel, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari; Pasar Bedoyo, di Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong dan Pasar Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.

Tahap pertama revitalisasi merupakan pasar yang berada di lokasi strategis seperti jalur perbatasan dengan wilayah lain, selain itu juga lokasi yang berdekatan atau jalur wisata.

“Untuk pasar Playen yang saat ini tengah dikerjakan, akan menjadi salah satu lokasi pasar yang menjadi percontohan pasar sehat,”katanya.

Ari menyampaikan, dengan perbaikan ini diharapkan masyarakat dan pedagang bisa memanfaatkan setiap hari pasar tradisional.

Seiring dengan perkembangan pariwisata yang saat ini sedang booming, masyarakat bisa memanfaatkan pasar dengan menjual aneka produk yang ada di sekitar lokasi.

“Kami terus mendorong agar pasar dibuka setiap hari, karena selama ini sebagian masih buka lima hari sekali, lima hari dua kali buka,” pungkasnya. (Santi)

Related Post