Pasca Bencana, Pemkab Janji Akan Perbaiki Bangunan Fisik

236 views

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Puluhan warga di Dusun Baturturu, Desa Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul terisolir lantaran akses jalan desa tersebut putus.

Dalam konjungannya, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi berjanji akan segera melakukan perbaikan.

“Saya kira Kepala PU (DPUPRKP) harus cek lagi ke sini (Kecamatan Gedangsari) untuk segera bisa diprioritaskan dalam waktu dekat (perbaikannya),” ujarnya saat mengunjungi lokasi terdampak longsor, Kamis (7/3/2019).

“Akan kami perbaiki segera karena kan jalannya juga untuk akses transportasi masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Immawan, mengenai pembiayaan perbaikan jalan yang rusak di Dusun Baturturu akan ditanggung oleh Pemkab. Mengenai bantuan kepada masyarakat, Pemkab akan turut memberikan bantuan kepada warga yang terdampak tanah longsor.

“Kalau jalan ini sepenuhnya (perbaikan dari) pemerintah,” ujarnya.

Untuk antisipasi terkait tanah longsor di Kabupaten Gunungkidul, Immawan menyebut Pemkab melalui BPBD telah sering melakukan pelatihan terkait penanggulangan bencana kepada masyarakat.

“Kami juga sudah membentuk Destana (Desa Tanggap Bencana), tahun lalu sudah ada 47 (Destana) dan tahun ini ditambah lagi 8, jadi ada 55 Destana tahun ini,” paparnya.

Sementara itu, Camat Gedangsari, Martono Iman Santoso mengapresiasi kedatangan Immawan ke lokasi bencana tanah longsor. Menurutnya, perbaikan yang diperlukan oleh wilayah Gedangsari adalah perbaikan insfratruktur yang rusak akibat tanah longsor.

“Kami akan perbaiki insfratruktur yang rusak akibat tanah longsor,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post