Pasca Dilanda Banjir Dan Longsor, Kini Aktifitas Warga Kembali Normal

116 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca banjir yang mengenangi beberapa kawasan di Kabupaten Gunungkidul, pada Minggu, (17/3/2019) lalu, kini aktifitas warga sudah kembali normal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan, banjir sempat menggenangi 57 titik di 13 kecamatan yang ada di Gunungkidul.

“Selain tanah longsor, rusaknya puluhan bangunan hingga jaringan listrik, total ada 147 kepala keluarga ikut terdampak,” katanya, Rabu,(20/3/2019).

Adapun 13 kecamatan yang terdampak diantaranya Kecamatan Purwosari, Gedangsari,

Karangmojo, Paliyan, Panggang, Patuk, Playen, Ponjong, Saptosari, Semanu, Tanjungsari, Tepusdan Wonosari.

“Beberapa kepala keluarga yang sempat mengungsi sudah kembali kerumah masing-masing, bangunan sekolah dan gedung perkantoran yang sempat terendam banjir juga sudah terkondisikan,”terangnya.

Dikatakan Edi, memang ada beberapa kepala keluarga yang terdampak masuk dalam kategori berat yaitu sebanyak 15 kepala rumahtangga. Semua masih dalam penanganan. Begitu juga dengan jaringan listrik yang rusak, semua telah telah ditangani oleh pihak PLN.

“Petugas bersama warga masih terus melakukan kerjabakti sampai keadaan kembali normal dan semua bisa terkondisikan,” ujarnya.

Hingga hari ini, BPBD Kabupaten Gunungkidul masih melakukan pendistribusian logistik untuk kerjabakti di wilayah Kecamatan Saptosari dan Tanjungsari. Sejumlah personil juga diterjunkan untuk ikut serta dalam kerja bakti tersebut. (Santi)

Related Post