Pasca Diterjang Ombak, Pantai Selatan Tertutup Sampah

208 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari- Pasca gelombang pasang laut selatan Gunungkidul sampah menumpuk hampir diseluruh bibir pantai yang ada di Gunungkidul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Agus Priyanto menyampaikan, hari ini pihaknya menerjunkan personil untuk mengatasi sampah dibeberapa titik di pantai yaitu, Drini, Sepanjang dan Indrayanti.

“Kami coba beraihkan sampah baik yang terbawa dari gelombang tinggi maupun sampah dampak bangunan yang rusak,”jelasnya, Kamis, (26/7).

Adapun personil yang biasanya di pantai 14 orang, namun karena volume sampah meningkat drastis, sekarang personil ditambah menjadi 50 an, dibantu dari SAR, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), masyarakat sekitar dan berbagai unsur lainnya.

Adapun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kawasan pantai Selatan, rencananya akan ditampung di Desa Banjarejo, Tanjungsari.

“Program strategis pembangunan TPA di Desa Banjarejo tidak sebatas untuk mengatasi sampah di kawasan pantai. Namun juga merespon pembangunan Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS), dan New Yogyakarta International Airport (NYIA),” jelasnya.

Agus menambahkan, pembangunan TPA ini sudah mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari sisi lokasi yang jauh dari permukiman, tidak merubah bentang alam. (Santi)

Related Post