Pasca Gelombang Tinggi, Pantai Baron Masih Siaga 1

image

Kondisi Terkini Pantai Baron Pasca Tingginya Gelombang. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Ombak tinggi menerjang pantai Selatan Gunungkidul, akibatnya semua nelayan memilih untuk berhenti melaut.

Berdasarkan pantauan Gunungkidulpost.com, Senin (5/6/2017) kejadian tersebut juga menimbulkan abrasi.

koordinator SAR satlinmas korwil II Marjono menyampaikan, gelombang tinggi 17 feet terjadi sejak Senin (5/6/2017) tengah malam. Pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai tingginya gelombang sejak seminggu lalu.

“Sudah sejak tengah malam gelombang meningkat, dan kami telah mendapatkan informasi sejak dini atau kurang lebih seminggu yang lalu,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan aakibat gelombang tinggi. Namun ketinggian gelombang diperkirakan masih akan terjadi sampai besuk Selasa (6/6/2017) besok.

“Seluruh kapal di pantai Baron sudah melakukan pendaratan semua. Namun hingga siang ini belum ada laporan kerusakan,” ujarnya.

DIa menambahkan, meski tidak ada kerusakan bangunan akibat gelombang tinggi, namun di pantai Baron, aliran sungai yang bermuara di pantai tersebut berubah ke timur, setelah sebelumnya ke selatan. Selain itu juga menyebabkan abrasi.

“Abrasi merupakan fenoma tahunan di pantai baron, lantaran aliran sungai yang berubah menggerus bibir pantai,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post