Pasca Idul Adha, Harga Hewan Di Gunungkidul Masih Tinggi

image

Susana Di Pasar Hewan Siyonoharjo, Playen, Gunungkidul. (Foto: Maya)

Gunungkidulpost.com – Playen – Sepekan paska perayaan Idul Adha, harga hewan di pasar hewan Siyonoharjo, kecamayan Playen, Gunungkidul tak kunjung turun. Bahkan sejumlah harga hewan berukuran kecil justru mengalami kenaikan.

Pantauan Gunungkidul.com menyebutkan, harga sapi berukuran besar masih dijual dengan harga 20 – 30 juta untuk satu ekor dari harga normalnya hanya 18 – 25 juta rupiah. Sedangkan harga sapi berukuran sedang dijual dengan harga 10 – 15 juta rupiah dari harga normal hanya 8 – 12 juta rupiah sedangkan harga sapi berukuran kecil naik dari semula dijual dengan harga 5 – 10 juta rupiah kini dijual dengan harga 6 – 11 juta rupiah.

Sedangkan harga kambing berukuran besar masih dijual dengan harga 1,7 – 2 juta rupiah dari harga normal 1,5 – 2 juta rupiah, kambing berukuran sedang dijual dengan harga 1,2 – 1,5 juta dari harga normal hanya 1 – 1,5 juta rupiah sedangkan harga kambing berukuran kecil naik dari idul adha dijual dengan harga 600 ribu rupiah – 1 juta rupiah kini dijual dengan harga 700 – 1,1 juta rupiah.

Salah seorang pedagang Muslih mengatakan, kenaikan ini disebabkan oleh menipisnya stok hewan di pasaran.

“Seiring dengan permintaan saat idul adha lalu, stok hewan mulai sulit didapat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (6/9/2017), pagi.

Muslih mengungkapkan, pihaknya memprediksi bahwa kenaikan ini masih akan terus terjadi hingga sebulan kedepan.

“Kemungkinan akan naik terus, sebab saat ini pun stok kami mulai sulit,” ungkapnya.

Sementara itu, pedagang lain, Wadino mengungkapkan, kenaikan harga hewan mulai berdampak pada transaksi penjualan, mereka mengaku mulai kesulitan untuk menjual hewan mereka karena banyak pembeli yang mulai memilah – milah hewan.

“Jual agak susah mas, harus ditawarkan berulang kali, berbeda saat idul adha lalu yang banyak dicari,” terangnya.

Salah seorang pembeli, Hartono tidak keberatan dengan masih mahalnya harga hewan yang ada, meski begitu pihaknya mengaku lebih selektif dalam memilih hewan qurban.

“Saya pastikan dulu kesehatan hewan sebelum membeli, soal naiknya harga ini memang sudah setiap tahun terjadi,” tutupnya. (Maya)

Posted from WordPress for Android

Related Post