Pasca Keputusan MK, Begini Sikap Warga

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang status penghayat kepercayaan dapat dicantumkam dalam kolom agama di kartu keluarga dan kartu tanda penduduk langsung disambut baik oleh para penghayat kepercayaan di Kabupaten Gunungkidul.

Ketua Kelompok Penghayat Kepercayaan Palang Putih Nusantara, Cabang Gunungkidul, Suroso mengaku senang dengan putusan MK.

Selain karena keputusan tersebut dapat memilimalisir diskriminasi terhadap kelompok penghayat, munculnya berita tentang hak-hak pengahayat di stasiun televisi nasional menurutnya adalah sebuah kemajuan.

“Sejak saya masuk tahun 1990 dan ikut memperjuangkan hak penghayat, baru kali ini ada televisi nasional yang mau dan berani menyiarkan tentang hak-hak kami,” katanya, Kamis (9/11/2017).

Menurut Suroso hal itu telah menunjukkan bahwa penghayat kepercayaan telah benar-benar diakui oleh negara.

“Senang sekali, dengan adanya keputusan ini. Harapnya semua orang memahami bahwa pengayat kepercayaan dapat dicantumkan dalam kolom agama,” ucapnya.

Sementara, itu anggota paguyuban penghayat kepercayaan Mardi Santosaning Budi, Dwi Cahyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan MK tersebut sehingga harapannya para penganut kepercayaan bisa hidup berdampingan dengan masyarakat umum.

“Secara pribadi tanggapan saya bagus saja. Setelah putusan MK, kalau saya sendiri masih akan mengisi kolom agama yang sah. Tapi kalau yang lain gak tau ya,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post