Pasca Lebaran, Volume Sampah Meroket

143 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama memasuki pertengahan tahun 2018 ini, volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari, Desa Baleharjo, Wonosari mengalami peningkatan.

Koordinator TPAS Wukirsari, Rusdiyanto mengatakan, volume sampah yang ditampung di TPAS Wukirsari pada awal Juni hingga hari ini diperkirakan mencapai 5.000 meter kubik. Lebih besar dibanding bulan-bulan sebelumnya yang berada di kisaran 3.000 hingga 3.500 meter kubik.

“Perkiraan sementara 5.000 dilihat dari banyaknya sampah yang kemarin kami angkut,” kata Koordinator TPAS Wukirsari, Rusdiyanto, Minggu (24/6/2018).

Momen libur Lebaran menurut Rusdiyanto menjadi faktor peningkatan volume sampah. Hal ini lantaran banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul selama libur tersebut.

Namun meski ada peningkatan menurut Rusdiyanto tidak lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebab armada pengangkut sampah untuk tahun ini hanya mengangkut sampah dua kali rit.

“Tahun lalu bisa bolak-balik tiga kali,” paparnya.

Terpisah, Kepala DLH Gunungkidul, Agus Priyanto sebelumnya telah memprediksi volume sampah selama libur Lebaran 2018 mencapai 210 ton.

Dinas telah menerjunkan 24 personel guna membersihkan kawasan wisata khususnya pantai.

“Meski jumlah petugas terbatas, kami tetap berusaha untuk membersihkan kawasan pantai dari sampah-sampah,” ungkapnya.

Agus mengatakan masalah sampah di kawasan wisata menjadi masalah tersendiri. Sampah bisa mengganggu kenyamanan dan keindahan jalur wisata dan lokasi wisata. Selain itu, sampah di kawasan wisata banyaknya dikeluhan wisatawan.

“Kami ingin membuat semua wisatawan merasa nyaman dalam kunjungannya ke Gunungkidul,” imbuhnya.

Ia mengimbau juga kepada seluruh pengunjung kawasan pantai agar bisa meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

“Dinas Lingkungan Hidup telah menyediakan sejumlah tempat sampah di berbagai titik dengan tujuan untuk memicu para wisatawan membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post