Payah, Mulai Januari 2018 PJU Naik 3 Persen

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wacana pemerintah untuk menaikkan tarif Penerangan Jalan umum (PJU) semakin meruncing. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai sekarang sudah mensosialisasikan mengenai Perda no 6 tahun 2017 tentang pajak.

Sesuai dengan ketentuan bahwa mulai Januari 2018 aturan tersebut telahditerapkan.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono, mengatakan, sesuai dengan perda pihaknya melakukan melakukan pertemuan dengan pelaku industri. Dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan, kenaikan PJU didasarkan pada Perda no 6 tahun 2017 mengenai pajak. PJU mengalami kenaikan dari 1,5 persen menjadi 3 persen.

“Kita lakukan sosialisasikan kepada pelaku industri, lantaran pada 1 januari 2018 mendatang ketentuan sudah mulai ditetapkan tarif kenaikan pajak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (11/7/2017).

Menurut dia, kenaikan pajak ini cukup besar, dia mencontohkan, untuk PDAM Tirta Handayani yang biasa membayar listrik sebesar Rp 1,9 miliar akan mendapatkan beban pembayaran PJU sekitar 57 juta dari sebelumnya Rp 28,5 juta.

“Penarikan akan dilakukan saat para pengusaha membayar tagihan listrik setiap bulannya,” bebernya.

Dengan kenaikan tersebut pihaknya bisa memberikan dampak postif bagi pajak di Gunungkidul.

“Mudah-mudahan memberikan dampak yang positif bagi Gunungkidul,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post