Payah…Website Gunungkidul Dinilai Masih ‘Gundul’

42 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada waktu yang lalu telah melakukan launching website.

Namun banyak kalangan menilai bahwa secara konten dan pengelolaan belum tampak ada kesiapan.

Hal itu seperti yang dilontarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) pihaknya menyoroti kurangnya persiapan untuk mengelola website dengan baik.

Ketua LSM Jerami, Rino Caroko menilai launching yang dilakukan beberapa hari lalu kurang ada manfaatnya, karena sebenarnya juga sudah ada lama hanya perlu pembenahan.

“Dilaunching atau tidak jika isi tidak menarik ya tidak ada manfaatnya, hanya buang anggaran saja,” katanya kepada wartawan, Senin (23/4/2018).

Rino mengatakan Pemkab melalui Kominfo harus dapat mencari orang yang berkompeten untuk dapat mengelola dengan baik, sehingga anggaran tidak terbuang sia-sia, masyarakat Gunungkidul, atau dari luar Gunungkidul dapat mendapat informasi dengan baik dari website.

“Harus memiliki kompetisi orang-orangnya yang mengelola. Mau di launching berapa kali jika tidak memiliki kapasitas yang mengelola ya sama saja. Kominfo juga harus bertanggungjawab penuh web yang ada atau terintegrasi,” tandasnya.

Dia mencontohkan website Kota Yogyakarta yang dapat dikelola dengan baik kontennya. Jika orang yang sudah diberi kepercayaan mengelola, namun tidak dapat menjalankan menurutnya harus segera diganti.

“Jika ada petugas yang tidak bisa mengelola secara baik ya sebaiknya diganti yang lain,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan pengelolaan website akan diusahakan berjalan baik.

Dirinya pun terus berupaya mendorong dan mengawal pengelolaan web tersebut agar tidak terbengkalai nantinya.

“Jika menunggu semuanya siap akan mundur-mundur terus, kami sambil berjalan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait desa untuk mengelola dengan baik,” ungkapnya. (Heri Prastawa)

Related Post