PDAM Akan Maksimalkan Potensi Air Sungai Bawah Tanah

462 views

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wilayah Gunungkidul memiliki banyak potensi sumber air berlimpah yang bisa dimanfaatkan. Namun semua itu terkendala karena pendanaan yang cukup besar, sehingga masih belum digarap. Untuk itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani, menargetkan akan memaksimalkan potensi tersebut, supaya masyarakat dapat teraliri air bersih.

Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani, Isnawan Fibriyanto mengatakan, di wilayah Gunungkidul memiliki potensi sumber air yang bisa digarap. Seperti yang terjadi di sumber sungai bawah tanah pantai Baron kecamatan Tanjungsari. Sungai itu memiliki kapasitas 10.000 liter per detik saat musim hujan, sedangkan 4.000 liter per detik saat kemarau. 

“Yang terjadi saat ini, pemanfaatannya jauh dari potensi yang ada karena baru mencapai 115 liter per detiknya,” katanya, Rabu (7/9/2016).

Menurut Isnawan, untuk memanfaatkan sumber air itu terkendala dana yang cukup besar. Selain faktor biaya yang membengkak, juga dari kondisi wilayah yang didominasi oleh pengunungan, sebab kondisi itu mempengaruhi sungai-sungai bawah tanah akan menjadi keruh ketika musim hujan tiba. 

“Untuk itu kita butuh pengelolaan lanjutan suapay air yang dihasilkan itu bisa diolah kembali dan dimanfaatkan masyarskat,” terangnya.

Isnawan menargetkan, pada tahun 2019 mendatang, pihaknya akan melakukan pemanfaatan potensi-potensi sungai bawah tanah yang ada. Dengan begitu, maka seluruh warga terlayani air bersih. 

“Upaya yang dilakukan dengan mengoptimalkan sumber-sumber yang sudah kita garap, seperti di pantai Baron yang masih dalam kajian untuk penambahan kapasitas 20 liter per detik,” pungkasnya. (Nena)

Related Post