PDAM Lakukan Perbaikan Pipa Sepanjang Ratusan Meter

659 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani saat ini mulai melakukan pengerjaan jalur instalasi pipa di daerah perkotaan Wonosari. Meskipun melakukan perbaikan sepanjang 600 meter, namun masih ada sekitar 4 kilometer yang mengalami kerusakan karena kondisi pipa usang.

Direktur PDAM Tirta Handayani Isnawan Fibriyanto mengatakan, jika adanya perbaikan pipa sepanjang 600 meter tersebut berkat adanya bantuan dari Satuan Kerja Peningkatan Kinerja Penyediaan Air Minum DIY. Meski begitu, masih terdapat sistem perpipaan yang rusak, karena kondisi pipa yang sudah tua. Selain itu juga karena bahan pipa yang terbuat dari asbes. “Di masa sekarang itu sudah tidak lagi diproduksi sehingga menyulitkan dalam proses perbaikan saat adanya kerusakan,” katanya, Minggu (2/10/2016).

Menurut Isnawan, di wilayah Gunungkidul ini berbeda dengan beberapa perusahaan air yang ada di perkotaan lainnya. Karena ketika melakukan perbaikan, di perusahaan air miliknya masih menggunakan pipa yang terbuat dari asbes. “Perusahaan kami ini satu-satunya yang masih menggunakan pipa berbahan asbes, karena perusahaan megganti dengan bahan seperti pipa PVC atau besi yang lebih baik,” jelasnya.

Isnawan menjelaskan, perencanaan peremajaan jalur perpipaan di perkotaan sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Akan tetapi biaya perbaikan yang dibutuhkan mencapai Rp10 miliar untuk peremajaan sepanjang empat kilometer. “Dana untuk peremajaan masih tinggi, maka perlu kita evaluasi,” pungkasnya. (Heri)

Related Post