Pedagang ‘Nyenyet’ Awal Puasa Tak Seindah Dulu

image

Suasana Pasar Argosari Wonosari. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pekan pertama memasuki ramadan, suasana pasar tradisional sepi transaksi. Akibatnya, situasi pasar lengang, hiruk pikuk dan berjubelnya pengunjung pasar tidak lagi nampak.

Pantauan Gunungkidulpost.com, Selasa (30/5/2017) di beberapa pasar tradisional, sepi pengunjung hal itu membuat beberapa pedagang memilih  tutup sementara.

Bahkan beberapa pedagang di Pasar Argosari Wonosari yang tetap membuka usahanya, nyaris tanpa pembeli, sehingga terkantuk bahkan banyak yang tertidur di dekat dagangannya.

“Sampai siang ini belum ada satupun pembeli. Beberapa orang hanya menanyakan harga dan sekedar memilih, tetapi akhirnya tidak membeli,” kata Sriatun salah satu pedagang pakaian yang berada di los lantai dasar Pasar Argosari Wonosari saat dihubungi Gunungkidulpost.com.

Hal yang sama juga diakui salah satu pedagang daging para pedagang banyak yang menganggur dan nyaris tanpa ada pembeli. Menurutnya, meski harga relatif stabil namun transaksi pembelian turun drastis.

“Harga tidak bergerak dari Rp 120.000 untuk setiap 1 kilogramnya namun pembeli sangat menurun,” ujarnya.

Sepinya suasana pasar diakui beberapa pedagang karena baru awal ramadan. Karena nantinya, saat mendekati lebaran situasi pasar akan berbalik menjadi berdesak-desakan.

“Kalau lebaran kurang sepekan atau lima hari, pasti suasananya berbeda. Pengunjung terutama perantau yang mudik biasanya datang ke pasar untuk berbelanja. Saat itulah kami baru mendapat rezeki,” imbuhnya.

Sepinya pengunjung pasar juga nampak di pasar Playen. Satu-satunya pasar tradisional terbesar di Kecamatan Playen ini justru sebagian besar pedagang memilih tutup. Meski ada beberapa pedagang yang tetap membuka usahanya, tetapi nyaris tanpa pembeli.

“Suasana pasar memang masih sangat sepi. Makanya banyak teman-teman yang tutup. Tetapi nanti tiga atau empat hari lagi, pasti buka kembali,” kata salah satu pedagang. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post