Pelabuhan Sadeng Dikeruk, Bagaimana Kondisi Nelayan?

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta berencana melakukan pengerukan Pelabuhan Sadeng, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Dengan pengerukan tersebut diharapkan semua kapal dapat mendarat dilokasi kolam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Khairudin mengatakan ada rencana pengerukan Pelabuhan Sadeng yang akan dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Namun sampai saat belum tau sacara pasti terkait perogram tersebut.

“Kami sudah diajak koordinasi terkait dengan pengangkatan pasir yang ada di Sadeng. Itu dilakukan supaya semua kapal bisa mendarat di kolam,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (20/7/2017).

Menurut dia, anggaran atau total biaya pengerukan yang dibutuhkan mencapai Rp4,5 miliar. Namun semua program dan pelaksanaan dibawah penanganan Dinas Propinsi.

“Informasinya anggaran yang disiapkan Rp4,5 miliar, tetapi itu wewenang provinsi,” katanya.

Terpisah, Ketua Kelompok Nelayan Sadeng Sarpan mengatakan proses pengerukan Dermaga Sadeng sudah mulai dilakukan. Saat ini keberdaaan alat berat untuk menyedot pasir sudah berada di sekitar lokasi pelabuhan Sadeng, tetapi belum mengetahui kapan dilakukan pengerjaannya.

“Saat ini, pelabuhan memang terjadi sedimentasi akan dilakukan pengerukan,” ucap Sarpan.

Dia berharap dengan adanya penyedotan ini bisa memperdalam Pelabuhan Sadeng, dan akan bertambah sehingga akses keluar masuk kapal dapat lebih lancar.

“Nelayan di sini berharap bisa berjalan dengan lancar dan tidak menggangu aktifitas nelayan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post