Pelaku Pembakaran Surat Suara Divonis 2 Bulan

95 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sidang pembakaran surat suara di TPS 9, Dusun Jaranmati II, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul telah memasuki babak akhir.

Akhirnya Majelis Hakim menjatuhkan vonis pidana penjara 2 bulan kepada Mahardika Wirabuana Krisnamurti (21), pelaku pembakaran surat suara.

Kendati demikian, Mahardika tidak perlu menjalani hukuman tersebut, dengan catatan selama 6 bulan tidak terlibat tindak pidana.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan ini dipimpin Hakim Ketua Trijoko Yohanes Gantar Pamungkas dan 2 Hakim Anggota, yakni Agung Budi Setiawan dan Melia Nur Pratiwi.

Dalam sidang tersebut, Trijoko menyatakan Mahardika terbukti secara sah telah bersalah dan melanggar pasal 531 Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Penetapan terhadap pidana yang dijatuhkan tersebut tidak perlu dijalani, kecuali apabila di kemudian hari ada perintah hakim yang menyatakan lain, bahwa terpidana sebelum masa percobaan selama 6 bulan berakhir telah bersalah melakukan suatu tindak pidana,” ujar Trijoko di Pengadilan Negeri Gunungkidul, Senin (24/6/2019) siang.

Selain itu terdakwa dikenai biaya sidang Rp 2 ribu rupiah. Menurut Trijoko ia sempat bertanya kepada Mahardika apakah akan menyatakan keberatan atau banding. Namun, Mahardika menerima vonis tersebut.

“Terdakwa akhirnya menerima vosin ini,” tutupnya. (Bayu)

Related Post