Pelayanan Kesehatan Tersendat, Ternyata Ini Penyebabnya

382 views
image

(Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah masyarakat dan luas wilayah Gunungkidul yang cukup besar tidak diimbangi dengan jumlah tenaga kesehatan. Hal ini mengakibatkan sistem pelayanan kesehatan yang ada masih kurang optimal.

KepalaDinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Agus Prihastoro mengatakan, jumlah sumber daya manusia di bidang kesehatan di Kabupaten Gunungkidul semakin berkurang setiap tahunnya. Menurutnya, kekurangan ini disebabkan oleh proporsi penambahan jumlah tenaga kesehatan yang masuk dengan jumlah yang pensiun atau dimutasikan ke daerah lain tidak berimbang.

“Akibat kekurangan tenaga kesehatan pelayanan terhadap masyarakat menjadi tidak optimal,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (17/2/2017).

Agus mengatakan, akibat kekurangan ini, pelayanan kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan kurang optimal. Seperti Puskesmas yang seharusnya dapat menerapkan layanan 24 jam, karena tidak adanya dokter yang berjaga akibatnya tidak dapat dilaksanakan.

“Seringkali dokter satu mengampu beberapa faskes. Di sini menjadi masalah ketika masyarakat ingin berobat,” ujarnya.

Pihaknya mengaku, selama ini telah mengusulkan kepada pemerintah untuk dapat menambah ketersediaan tenaga kesehatan yang ada. Namun saat ini permintaan tersebut belum menemui titik terang.

“Saya sudah mengusulkan untuk diadakan tambahan tenaga kesehatan, namun sampai saat ini belum ada keputusan dari Pamkab,” pungkas Agus. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post