Pelayanan Puskesmas Dituding Belum Maksimal

62 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul menyoroti kinerja pelayanan kesehatan yang kurang maksimal.

Terbukti di beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) masih dikeluhkan oleh kalangan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara DPRD Gunungkidul Maryanta. Ia menilai pelayanan puskesmas masih kurang maksimal.

“Pelayanan puskesmas masih belum maksimal hal tersebut ditunjukkan oleh masih banyak keterlambatan dokter jaga, karena dokter merangkap sebagai kepala puskesmas,” jelasnya, Minggu (6/5/2018).

Menurut dia, keterlamnatan dokter jaga di Puskesmas membuat antrean pasien semakin parah. Bahkan, ada beberapa Puskesmas yang kosong dokter jaganya saat jam kerja.

“Antrean menjadi panjang karena pelayanan dokter masih belum bisa maksimal,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul Priyanta Madya membenarkan jika di beberapa Puskesmas masih defisit dokter.

Menurut dia, selama ini ada 4 puskesmas tidak mempunyai dokter gigi.

“Jadi kita memang kekurangan SDM syarat minimal di Puskesmas non rawat inap minimal 2 dokter umum 1 dokter gigi, posisi kemarin ada 8 puskesmas yang dokternya hanya satu,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyusun strategi untuk mengatasi kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dialami oleh beberapa puskesmas. (Bayu Prihartanto)

Related Post