Pelayanan RSUD Dan BPJS Jadi Topik Utama Paripurna

198 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari dan BPJS menjadi sorotan utama dalam rapat paripurna DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Kamis (26/4/2018).

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan kesalahan data dalam BPJS sebenarnya tidak hanya terjadi di Gunungkidul, namun di seluruh wilayah.

“Kami terus memberi masukan untuk updating data, yang harusnya masuk malah tidak masuk dan sebaliknya. Ini sering terjadi juga dalam masalah data kemiskinan,” ujarnya usai Rapat Paripurna di DPRD.

Proses pelayanan di bidang kesehatan menurut Immawan harus terus ditingkatkan. Termasuk pelayanan di RSUD menurutnya juga harus terus dipantau dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan.

“Pelayanan RSUD masih belum maksimal sehingga perlu adanya peningkatan mutu dalam standar pelayanan,” paparnya.

Dalam rapat paripurna tersebut Juru bicara DPRD Gunungkidul, Maryanta membacakan Surat Keputusan DPRD Nomor 4/KPTS/2018 tentang rekomendasi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati 2017, dimana dalam bidang kesehatan setidaknya ada empat catatan.

“Beberapa rumah sakit masih dipenuhi pasien artinya masyarakat penderita sakit masih banyak, hal ini menandakan bahwa usaha promotif dan preventif dibidang kesehatan kurang maksimal, masyarakat yang belum tercover BPJS merasa terbebani ketika harus berobat ke Rumah Sakit/ Puskesmas,” ucap Maryanta.

Keempat, Pelayanan dibidang kesehatan (RSUD dan Puskesmas) kurang maksimal hal itu dibuktikan dengan terjadinya kekosongan dokter jaga di Puskesmas. (Bayu Prihartanto)

Related Post