Pembagian APK, Gunungkidul Diklam Paling Akhir

205 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengakui bahwa Pembagian Alat Peraga Kampanye (APK) menjadi paling terakhir dibandingkan kabupaten lainnya di DIY.

Hal tersebut lantaran saat ini KPU Gunungkidul kesulitan mengumpulkan desain APK yang akan dibagikan di setiap partai politik peserta pemilu 2018.

Pelaksana Tugas Ketua KPU Gunungkidul Andang Nugroho, mengakui adanya keterlambatan tersebut. Hal itu lantaran masing-masing partai politik belum mengumpulkan desain atribut.

“Memang kemarin kami berkeinginan kalau pengumpulan desain maju dari tanggal sebelumnya yang sudah ditetapkan, tetapi para parpol tetap berkeinginan batas pengumpulan drsai yaitu tanggal 22 Oktober,” kata Andang Nugroho, Kamis (18/10/2018).

Menurut Andang, dengan kondisi seperti itu KPU Gunungkidul menjadi kabupaten terakhir yang membagikan APK ke parpol.

Andang menuturkan tiap parpol akan mendapatkan 10 baliho dan juga 16 spanduk, tetapi jika DPD hanya mendapatkan spanduk saja.

“Pengumpulan saja baru tanggal 22, sedangkan kabupaten lainnya seperti Sleman minggu depan sudah mulai membagikan APK,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul Is Sumarsono mengatakan untuk penertiban APK berpedoman dengan SK 69 KPU sesuai dengan zonasi

“Tidak diperbolehkan memasang di ruang publik, tetapi faktanya banyak APK yang dipasang oleh parpol didepan ruang publik seperti kantor kecamatan, kelurahan atau masjid. Akan tetapi jika ada yang melanggar ya tetap kami tindak tegas,” pungkasnya. (Maya)

Related Post