Pembangunan Lanud Gading Tidak Terealisasi

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lapangan Udara (Lanud) yang berada di Desa Gading, Kecamatan Playen dinilai tidak diperlukan seiring telah dibangunnya Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) dan jalur alternatif yang menghubungkan Gunungkidul dengan Kabupaten Sleman. Jadi, wacana pembangunan Lapangan Udara (Lanud) Gading menjadi bandara perintis tidak bakal terealisasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengaku, jika pembangunan bandara perintis di Desa Gading, Kecamatan Playen tidak perlu dilakukan. Sebab, hak itu dinilai kurang efektif. Pihaknya kini lebih fokus pada pembangunan jalur transportasi darat yang pada saat ini sudah dalam proses penyelesaian.

“Saya kira Bandara Perintis tidak perlu,” katanya Rabu (26/7/2017).

Menurutnya jika nanti jalur alternatif Gunungkidul – Sleman dan JJLS telah rampung akan lebih efektif sebagai jalur penghubung antar daerah. Terlebih JJLS nanti dapat menghubungkan langsung dengan Bandara yang saat ini baru dibangun di Kabupaten Kulonprogo.

Transportasi udara nanti akan terpusat di Kulonprogo, sementara daerah lain akan membangun akses jalur darat yang mempercepat menuju ke bandara. Dengan adanya JJLS perkiraan perjalanan dari Gunungkidul hingga ke bandara hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

“Nantinya ketika JJLS difungsikan akan ada perubahan besar di Gunungkidul, dan wisatawan akan melonjak tahun 2019 mendatang,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post