Pembangunan Sirkuit Balap Masih Abu-abu. Benarkah Berbau Politik?

43 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pembangunan sirkuit balap motor berstandar internasional yang direncanakan akan dibangun di Dusun Kenteng, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu terancam gagal.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memastikan meski usai pembebasan lahan namun tidak akan dibangun dalam waktu dekat.

Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono menuturkan bahwa proses perencanaan pembangunan sirkuit ini sejak awal bersifat politis. Namun Drajad enggan menjelaskan terkait statemennya tersebut.

Menurut dia pemilihan lokasi di Kecamatan Semanu dirasa kurang sesuai dengan perencanaan dari Pemkab.

“Sebenarnya kita menginginkan agar bisa mempunyai sport centre yang lengkap dan terpadu juga ada sirkuitnya,” ucap Drajad, Jumat (10/08/2018).

Adapun lokasi sport centre tersebut diusahakan bisa menjadi satu dengan Stadion Gelora Handayani. Hal ini membuat lokasi rencana awal pembangunan di Kecamatan Semanu tidak sesuai dengan rencana pihaknya.

Pembangunan sirkuit, dinilai masih kekurangan lahan seluas 2 hektar.

“Saya rasa masih kirang lahan dan saya tidak mengetahui kapan nanti mulai pengadaan lahan tambahan lagi,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto mengatakan, pembangunan sirkuit balap harus segera terealisasi sesuai dengan program pembangunan. Ia menyebut bahwa sirkuit ini akan sangat berguna bagi warga masyarakat Gunungkidul.

“Ini kan berdampak positif apalagi Gunungkidul belum memilik sirkuit balap. Kalau dipending silahkan asalakan jangan sampai dibatalkan,” kata Purwanto.

Dia berharap Pemkab bersama DPRD Gunungkidul bisa bekerjasama dalam mewujudkan Gunungkidul untuk bisa memiliki sirkuit berstandar nasional ini.

“Paling tidak 2019 nanti, sudah ada perencanaan matang terkait rencana pembangunan,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post