Pembebasan Lahan Sirkuit Balap Hampir Beres

281 views
image

Foto: Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Semanu – Pengadaan tanah untuk pembangunan sirkuit balap hampir dipastikan terwujud. Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul  tinggal merampungkan proses pembayaran lahan seluas 4,7 hektare yang berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertarung) Kabupaten Gunungkidul Winaryo mengatakan, pengadaan tanah untuk pembangunan sirkuit balap dipastikan segera rampung. Pasalnya, setelah tim appraisal melakukan penilaian harga tanah, dan kemudian disosialisasikan kepada seluruh pemilik tanah, semua setuju dengan harga yang telah ditetapkan.

“Tinggal melakukan pembayaran, kemarin kami sudah sampaikan harga hasil dari tim appraisal. Tapi sekarang masing menunggu pencairan dana melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah [APBD] perubahan 2017,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (24/10/2017).

Berdasarkan penilaian dari tim appraisal tanah seluas 4,7 hektare yang hendak dibangun sirkuit balap tersebut dihargai Rp6,4 miliar. Dan diketahui semua pemilik tanah, sekitar 30 orang telah menyetujui harga yang telah ditetapkan tersebut.

“Semua warga sudah setuju semua kok. Tapi pembayarannya belum tahu kapan tanggal pastinya, paling November nanti anggaran sudah cair dan bisa langsung pembayaran,” ungkap Winaryo.

Sementara itu, Kepala Desa Pacarejo, Suhadi mengatakan telah ada kesepakatan antara warga pemilik tanah dengan tim dari kabupaten yang hendak melakukan pembelian tanah untuk pembangunan sirkuit balap. Sekitar 30 warga pemilik lahan seluas 4,7 hektare yang hendak dibangun sirkuit balap telah mengisi lembar formulir persetujuan serta ganti rugi aset yang berada di atas lahan.

“Semua warga sudah disosialisasi, bahkan kemarin tim dari kabupaten sudah mengumpulkan semua warga di Balai Desa. Semua warga sudah setuju, kemarin tim memberikan lembar persetujuan dan lembar ganti rugi aset yang terdapat di atas tanah tersebut,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post