Pembudidaya Ikan Resah, Pedagang Ikan Tawar Pilih Impor Ikan Dari Luar daerah

407 views

ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejumlah peternah ikan air tawar di Gunungkidul mengkhawatirkan para pedagang ikan air tawar yang melakukan impor ikan.Padahal Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mencatat peningkatan produktivitas budidaya ikan air tawar.

Salah seorang pembudidaya ikan air tawar di Gunungkidul, Sugiyatno mengaku khawatir dengan banyaknya pedagang ikan air tawar yang memilih untuk membeli ikan di luar daerah, sehingga mereka khawatir pasaran lokal akan terganggu.“Kami nggak mau sampai terjadi hal tersebut, perlu dapat pengawasan dari pemerintah daerah,” kata dia

Sugiyatno menjelaskan, selama ini apra pedagang masih memasok ikan dari luar Gunungkidul seperti Sidoharjo, Pacitan dan Boyolali.” produktivitas budidaya di Gunungkidul baru terpenuhi rata-rata sebanyak enam ton. Sehingga sisanya harus memenuhinya dengan melakukan impor,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Perikanan Budidaya, Ahmad Sofi membenarkan bahwa selama ini memang pedagang pasar di Gunungkidul lebih memilih untuk melakukan impor ikan dari luar daerah. Hal tersebut dikarenakan produktivitas ikan air tawar di Gunungkidul memang belum dapat stabil.”Sehingga para pedagang biasanya ambil dari luar daerah,” tutupnya.(Maya)

Related Post