Pembukaan Cupu Dimulai, Warga Rela Berjubel Dirumah Dwijo Sumarto

190 views

Gunungkidulpost.com – Panggang – Prosesi pembukaan Cupu Panjolo di rumah Dwijo Sumarto di Padukuhan Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Senin (1/10/2018) dimulai.

Sebanyak 80 lembar kain kafan akan dibuka satu persatu.

Ritual pembukaan Cupu Kyai Panjolo dilaksanakan setiap malam Selasa Kliwon pada bulan Syawal. Prosesi ritual dimulai Selasa dini hari pukul 01.05 WIB yang dipimpin juru kunci Dwijo Sumarto.

Prosesi pembersihan Cupu Kyai Panjolo ini merupakan ritual magis yang sudah sejak ratusan tahun lalu dilakukan warga Dusun Mendak.

Cupu Panjolo yang diletakkan dalam peti kayu tertutup ukuran lebar 35 centimeter, panjang 20 centimeter dan tinggi 15 centimeter yang dibungkus kain kafan, besarnya hampir sama sekarung beras 50 kilogram, meski hanya berujud tiga buah guci masing-masing berukuran sekitar sekepal tangan orang dewasa.

Peti tersebut dibalut dengan puluhan kain kafan yang akan diganti setiap tahunnya. Saat dibuka, lembar demi lembar kain kafan itu akan muncul noda berwarna cokelat yang jika dicermati akan membentuk gambar maupun angka-angka. Gambaran inilah yang konon dipercaya warga sebagai ramalan yang akan terjadi pada negeri ini pada setahun yang akan datang.

Warnanya hijau kekuningan. Konon umurnya hingga kini sudah sekitar 500 tahun. Cupu paling besar bernama Semar Kinandu, yang agak kecil Kalang Kinantang sedang yang paling kecil Kenthiwiri.

“Prosesi pembukaan cuku kami mulai dan warga kami mohon untuk mengikuti upacara dengan khitmat,” kata Dwijo Sumarto.

Sementara itu, Kepala Desa Girisekar Sutarpan mengaku prosesi pembukaan Cupu Penjolo akan segera dimulai warga pun atusias memadati rumah Dwijo Sumarto. Dirinya mengaku tahun ini lebih banyak pengujung yang menyaksikan prosesi pembukaan cupu dibandingkan dengan tahun yang lalu.

“Tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Kemungkinan karena faktor cuaca yang cerah sehingga warga lebih antusias menyaksikan upacara ini,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post