Pemdes Dadapayu Benarkan Pungli Yang Dilakukan Kadesnya !!!

779 views
Bentuk protes warga. (Foto :  doc. Gunungkidulpost)

Bentuk protes warga. (Foto : doc. Gunungkidulpost)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Pemerintah desa Dadapayu Kecamatan Semanu membenarkan jika diwilayahnya terdapat adanya pungli yang dilakukan oleh Kepala Desanya sendiri yakni, Rukamto. Sehingga hal tersebut yang memicu kemarahan warga setempat untuk menggruduk balai desa.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Dadapayu, Sutarto mengatakan, sejak 8 bulan menjabat kepala desa, Rukamto telah disebut memungut uang kepada lima dukuh yang baru saja dilantik, hal tersebut memang benar adanya. Pihak Desa sudah mengupayakan musyawarah beserta pihak Kecamatan untuk memanggil Rukamto tersebut.

“Pak Rukamto sendiri sudah dipanggil dalam pertemuan yang dilakukan oleh pihak kecamatan dan beliau mengakui jika beliau memungut uang sebesar Rp. 5 juta kepada lima dukuh terpilih,” katanya, Selasa (18/10/2016).

Sutarto menjelaskan, jika dalam peraturan desa, lima dukuh yang terpilih yakni kepala usun Ngalang Ombo, Sembuku, Karangtengah, Pomahan dan Kauman tidak memiliki kewajiban untuk membayar uang sebesar Rp5 juta kepada kepala desa. “Kalau aturan dalam desa tidak ada. Kalau pun ada itu hanya untuk kepentingan desa bukan untuk pribadi,” ujarnya.

Menurut Sutarto, selama warga mendatangi di balai desa, Rukamto diketahui tidak hadir selama dua hari tanpa memberikan keterangan. “Sampai hari ini beliau tidak hadir ke balai desa. Kemungkinan berada di luar kota, karena memang memiliki usaha,” terangnya.

Untuk diketahui sebelumnya, ratusan warga di desa Dadapayu, kecamatan Semanu memprotes kebijakan Kadesa setempat yang melakukan pungutan liar terhadap lima dukuh terpilih di desa tersebut, Senin (17/10/2016). Mereka menuntut Kades setempat, untuk mundur dari jabatannya. (Nena)

gunungkidulpost kadesdadapayupungli

Related Post