Pemdes Kelor Larang Warga Berburu Satwa

492 views
image

(Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Pemerintah Desa Kelor, Kecamatan Karangmojo melarang warganya berburu satwa burung yang hidup di alam bebas di Bumi Handayani. 

Nantinya, Pemerintah Desa bakal mengatur pelarangan memburu satwa burung itu dengan menyiapkan sanksi tegas bagi yang melanggar peraturan tersebut.

Demikian ditegaskan Kepala Desa Kelor, Suratman, saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan panen raya cabai merah di Dusun Slametan, Desa Kelor, Kecamatan Karangmojo Kamis, (30/11/2017). Di acara tersebut, hadir Wakil Bupati Gunungkidul,  Immawan Wahyudi yang secara simbolis berkesempatan melepas puluhan burung sebagai pertanda Desa bakal serius memberantas pemburu satwa burung di masa mendatang. Moment pelepasan burung ini, menarik perhatian ratusan warga sekitar untuk menyaksikan.

“Ini sebuah momentum yang bagus bagi Desa Kelor, karena warga panen raya, sekaligus pelepasan burung yang nantinya tak boleh ditangkap lagi. Saya tak ingin, warga Desa Kelor menganiaya burung di waktu mendatang,” kata Suratman.

 

Disinggung tentang sanksi yang akan diberikan ketika ada warga yang nekat melanggar peraturan tersebut, Suratman bakal fokus memberikan pemahaman kepada warga terlebih dahulu. Setelah itu, dirinya baru  akan menyiapkan sanksi tegas kepada yang kedapatan melanggar.

Pada kesempatan yang sama, Immawan  mengatakan satwa burung yang dilepas secara simbolis hanya puluhan ekor.  Aneka jenis burung itu, seperti burung merpati, kutilang, pleci, kolibri, dan burung lainnya.

“Mari, kita sama-sama mendengarkan kicauan burung di alam bebas. Sudah saatnya, perburuan satwa burung dihentikan,” kata Immawan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post