Penemuan Ular Piton Raksasa Gegerkan Warga Ponjong

364 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Warga di dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul dikejutkan oleh kemunculan ular piton sepanjang hampir 4 meter dengan berat mencapai 12,5 kilogram yang masuk kedalam salah satu rumah warga Lasa, Senin (3/9/2018) malam.

Penangkapan ular tersebut berawal ketika Lasa usai pulang menghadiri acara pembubaran panitia hajatan yang berada ditempat mereka. Saat itu , Lasa dikejutkan ketika mengetahui bahwa dirumahnya sudah ada ular panjang yang melintang dihadapannya.

“Panjang garasi rumah saya sekitar 6 meter, ular tersebut melintang dan sedang berusaha naik ke atas tikar yang ada dirumah saya,” Katanya kepada Gunungkidulpost, Selasa (4/9/18), siang.

Lasa menerangkan, begitu mengetahui adanya benda mencurigakan tersebut dirinya lantas mencari alat penerangan yang berada di dalam rumah untuk memastikan benda tersebut.

“Usai mendapatkan senter saya kaget bahwa benar itu merupakan ular piton,” ungkapnya.

Ular tersebut, menurut Lasa terus bergerak kearah arah pintu rumahnya dan masuk melalui ventilasi jendela rumahnya.

“Saya berusaha menghubungi warga yang lain untuk membantu menangkap ular tersebut,” terangnya.

Tak lama kemudian, warga berhasil menangkap ular tersebut dengan alat seadanya.

“Saya sendiri tidak takut, hanya saja saya sempat khawatir penyakit jantung saya kumat karena saya punya riwayat penyakit jantung,” ungkapnya.

Sementara itu , menurut penangkap ular, Muryanto , penangkapan ular piton besar tersebut bukanlah yang pertama kali di desa mereka, total sudah ada 7 ular piton yang ditangkap warga sejak awal 2018.

“Sejak puasa hingga saat ini saja total sudah ada 3 ular piton yang berhasil ditangkap warga,” ungkapnya.

Muryanto menduga, ular tersebut sudah kehabisa makanan ditempat habitas aslinya sehingga harus masuk kepemukiman warga untuk mencari makanan.

“Dikawasan sini banyak gunung – gunung sebagai tempat habitat ular, kelihatannya memang sudah kehanisan makanan sehingga harus turun gunung,” paparnya.

Ular tersebut lantas diserahkan ke salah satu tempat rumah warga untuk dipelihara, nantinya jika ada yang berminat akan dijual kepada para peminat.

“Biasanya dijual keorang yang mau membeli,” tutupnya.

Dihubungi secara terpisah , Panit Sabhara Polsek Ponjong, Iptu Haris Sukadiyono meminta kepada warga untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaannya akan adanya serangan binatang buar.

“Terlebih penangkapan ular ini bukan yang pertama kalinya,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada warga agar segera melaporkan kepetugas terkait jika melihat adanya binatang buas agar segera ditindaklanjuti oleh petugas.

“Jika diperlukan langsung laporakn kepada petugas agar segera dilakukan penindakan,” tutupnya. (Maya)

Related Post